Skip to main content

Curhat : Cemburu tingkah batin nan-Menyiksa

bicara tentang yang disenangi, termasuk hobi, teman, sahabat, pacar, kekasih, berbicara tentang pemoposian diri dihadapan yang disenangi.

istilah yang lebih umum digunakan kawula muda tentang senang dan disenangi adalah satu kata "sayang". setiap sayang selalu beriring dengan beranggap posisi terbaik terdekat bersama yang dikasih, hingga bila ada orang lain dekat berdampingan dengan sang kekasih muncullah rasa hati yang susah diungkapkan kata-kata, bilapun diungkapkan dengan kata-kata, ungkapan yang sedikit menyerempet adalah kecemburuan.

Cemburu yang bercampur emosi menggila menjadi Luka
cemburu ini diskripsinya sifat tidak rela bila kekasih menduakan atau menurunkan derajat kita dihadapannya, inginnya kekasih itu selalu menempatkan kita diposisi yang paling dekat dan istimewa disampingnya.

rasa cemburu membahana mengitari seisi hati menular cepat merasuk ke logika. sampai di logika seantero raga dan jiwa memanas meremas jantung memacunya semakin cepat seakan-akan mengajak kita untuk berlari cepat, cepat, cepat, dan cepat melupakan, memaafkan, meninggalkan, berharap rasa itu menghilang dari raga dan jiwa.

namun,.........semakin ditinggalkan....rasa itu semakin mendesak jantung untuk berhenti sejenak agar rasa itu hilang sejenak pula.

cemburu rasa yang sangat menyiksa menurut beberapa orang. sangat merendahkan nilai diri, sangat menghilangkan kewibaan diri.........dengan cemburu, orang akan jatuh harga dirinya dimata kekasih, yang berarti sesungguhnya kekasih tak sepenuhnya kasih dengan kita, namun sebaliknya kita sangat mengasihinya melebihi kekasih mengasihi kita.

diakui atau tidak, ketika rasa cemburu itu muncul berarti kita memiliki rasa kasih yang lebih besar dibanding kasihnya kekasih kepada kita.bahkan ketika kita cemburu, kala itu kekasih yang kita kasih semakin sangat, dan sangat kita kasihi. hingga alam bawah sadar tidak mau meninggalkannya, apalagi bertindak yang membuat kekasih tidak meridhoi,.,.

oleh karenanya cemburu itu anugrah yang amat besar, tergantung bagaimana hati ini menyikapinya secara iman dan taqwa, meski sejujurnya berat rasanya menenangkan rasa cemburu, memerlukan waktu dan tempat yang tepat.

semoga bila cemburu, semakin menambah kita dekat kepada sang kekasih bukan malah sebaliknya...

semoga bila punya kekasih, tidak perlulah membuatnya cemburu yang terlalu, cukuplah dengan cemburu-cemburu peningkat kasih sayang.

*kasih itu hampir relevan dengan kata cinta

Comments

  1. wow teori yang matang tentang makna kasih sayang....kayaknya sudah tau betul bagaimana cinta itu yeee...

    ReplyDelete
  2. wow teori yang matang tentang makna kasih sayang....kayaknya sudah tau betul bagaimana cinta itu yeee...

    ReplyDelete
  3. sepertinya PAK E sudah pernah jatuh cinta...
    heeemmmm

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Seni Rupa: Konsep Berkarya Seni

Konsep adalah gambaran awal tentang sesuatu atau disebut sebagai teori awal yang mendasari suatu kegiatan (aktivitas). Setiap orang memiliki konsep yang berbeda mengenai seni rupa. Terciptanya karya seni melalui beberapa tahap yang tidak dapat terpisahkan, yakni sebagai berikut : Lukisan Anak-anak, diambil dari Jusmani a. Konsep Seni yang Berada dalam Tahapan Aktivitas Jiwa Proses pembentukan ide berasal dari penangkapan perasaan terhadap alam (sebagai objek) yang berinteraksi (mereaksi) dengan pertimbangan cita dan rasa seni seseorang. Hal ini, memunculkan ide seseorang untuk diekspresikan kedalam karya seni. b. Proses Ekspresi atau Proses Penuangan Ide Proses ekspresi atau proses penuangan ide ke dalam bentuk atau wujud karya seni adalah memuat tentang kreativitas masing-masing seniman atau pencipta seni (proses ekspresi atau proses perwujudan atau visualisasi). Oleh karena itu, konsep berkarya seni rupa sangat baku dan merupakan penentu terciptanya karya seni. Setiap

Seni Rupa : Keragaman gaya dan Aliran Seni Rupa

Gaya dalam seni rupa berhubungan erat dengan unsur kreativitas yang terdapat di setiap karya seni. Selain itu juga, bergantung pada pemilihan atau pengolahan bahan, bentuk, dan teknik berkarya. Pemilihan atau pengolahan bahan, bentuk dan teknik berkarya tersebut memunculkan aliran dalam seni rupa, antara lain : Gaya Primitif Seni rupa gaya primitif memiliki ciri-ciri, antara lain sebagai berikut : a. Seni rupa gaya primitif masa awal (masa prasejarah) tercipta bukan untuk keindahan, tetapi untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kepercayaan. b. Karya seni rupa ini digunakan dalam upacara ritual atau kepercayaan. c. Bentuk karya seni rupa gaya ini terkesan misteri (kerahasiaan), magic (hal gaib), dan makna lambang. Bentuk karya seni rupa gaya primitif kebanyakan bersifat a. tercipta dengan ekspresif (penuh emosional atau ungkapan perasaan) b. proporsi bentuk tidak sempurna atau tidak wajar, penuh distorsi (pengeliatan, penyangatan, dan pengurangan) atau dilebih-lebihkan. c. karya yang d

5 Kriteria KArya Seni Rupa Terapan Yang Baik

Berikut adalah kriteria karya seni rupa terapan yang baik yaitu: Ide Seseorang dalam menanggapi alam akan timbul kekaguman terhadap keindahannya sehingga muncul gagasan untuk menuangkan ke dalam karya seni rua. Suatu kondisi pribadi dan status seseorang karena pengalaman yang berbeda-beda menentukan persepsi baru. Setiap pribadi yang terbentuk dengan kukuh dan kuat dibina oleh unsur-unsur dari dalam (internal) dan unsur-unsur dari luar(ekesternal). Seorang seniman bermutu akan menghasilkan karya khas pribadi dengan simbol pribadinya. Dengan demikian simbol tersebut dapat ditangkap oleh orang di sekitarnua sehingga menjadi suatu karya seni yang berbobot dan komunikatif. Kreativitas Penciptaan karya seni dengan menwujudkan sesuatu yang belum pernah ada, mempunyai arti dan nilai baru disebut kreativitas. Daya kreasi yang kuat berarti kekuatan menciptakan hal-hal baru dalam karya seni rupa yang baik akan terkandung unsur kreativitas yang kuat. Komposisi Karya yang baik memili