Skip to main content

Opini: Bertindak Pelit yang menguntungkan

hari ini saya melihat sebuah kolom iklan masyarat yang dituliskan oleh Dinas Perhubungan, disana tertulis

" Jangan Mudah Menerima Makanan/Minuman dari Orang yang baru saja Anda Kenal"

pernyataan ikan ini sungguh menggelitik, sebab bila dianalisis lebih dalam akan memunculkan beberapa sikap yang bisa dibilang unik, okelah mari coba kita otak-atik:

gambaran orang pelit

sikap 1: sikap apatis terhadap orang lain
dengan menerapkan iklan itu maka setiap orang akan asyik dengan kehidupan mereka masing-masing terutama dalam hal makanan dan minuman, tidak ada kamus hidup berbagi disana. pokoknya yang penting kenyang perkara orang lain pingin atau iri atas makanan kita itu urusan lain.
sikap 2: menyiksa diri sendiri
betapa tidak, ada beberapa orang yang mempunyai kecenderungan punya sifat sungkanan dimana merasa tidak enak bila makan sendiri sedang orang lain tidak makan, dalam sanubarinya ingin memberi, tetapi hanya punya sedikit khawatir tak cukup bila dibagikan. dengan melihat iklan itu, orang tipe ini malah mengabaikannya, dia justru mengambil keputusan untuk menahan lapar dan haus dari pada harus tidak memberi orang lain akan makanan dan minuman yang dia makan meski sekedar menawarkan.
sikap 3: senangnya menjadi pelit
sikap ini merupakan penyakit komplikasi dari sikap 1, dengan menerapkan sikap 1 orang akan semakin menikmati hidupnya dengan cara itu (apatis). dalam perkembangannya orang itu malah terlahir menjadi orang yang pelit minta ampun, karena sudah terbiasa dan selalu terbayang dalam ingatannya bahwa setiap orang akan selalu berprasangka buruk atas semua makanan atau minuman yang akan dia berikan kepada orang lain.

ini ada berita unik yang saya kutip dari balikpapan pos...

BALIKPAPAN-Hilangnya anak berusia 5 tahun bernama Yunita Pratiwi warga Jl Soekarno Hatta Km 4 RT 67 No. 100 Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara yang disinyalir diculik ini, guna mencegah kejadian serupa terulang, diharapkan orang tua maupun keluarga esktra memberikan pengawasan pada anak-anaknya dimana pun berada.
Kasat Binmas Polres Balikpapan AKP H Sarbini mengatakan, peristiwa hilangnya murid taman kanak-kanak (TK) anak pasangan Rustam dan Novi itu dihrapkan tidak terulang. Untuk mencegah salah satunya, putera puteri wajib diberi doktrin atau pesan agar tidak mudah ikut dengan orang lain yang baru dikenal.
“Orang tua maupun keluarga wajib berikan doktrin juga pesan khusus agar mewanti-wanti tidak mengikuti ajakan orang baru dikenal meski diberi iming-iming benda dapat menarik perhatian anak-anak,” kata Sarbini.
Benda itu seperti permen, mainan, balon, makanan dan lain sebagainya. Sehingga perlu ditanamkan pada putera puteri untuk tidak menerima pemberian pada orang baru dikenalnya.
“Selain itu, waspadai pula orang yang sudah dikenal namun bukan dari lingkungan keluarga. Karena tak menutup kemungkinan bias melakukan perbuatan jahat,” beber perwira berpangkat balok tiga ini yang sebelumnya pernah tugas di Binmas Polda Kaltim.
Imbauan terakhir, lanjut Sarbini, senantiasa berdoa agar dijauhkan dari perbuatan jahat. “Selalu berdoa dan meminta perlindungan dari allah swt agar dijauhkan dari perbuatan jahat baik diri sendiri maupun untuk keluarga,” tuturnya.(bai)

itu sedikit ulasan gila dari saya,....semoga bermanfaat, bila ada yang kurang berkenan mohon maaf. kritik dan saran sangat direkomendasikan....

Comments

Popular posts from this blog

Seni Rupa: Konsep Berkarya Seni

Konsep adalah gambaran awal tentang sesuatu atau disebut sebagai teori awal yang mendasari suatu kegiatan (aktivitas). Setiap orang memiliki konsep yang berbeda mengenai seni rupa. Terciptanya karya seni melalui beberapa tahap yang tidak dapat terpisahkan, yakni sebagai berikut : Lukisan Anak-anak, diambil dari Jusmani a. Konsep Seni yang Berada dalam Tahapan Aktivitas Jiwa Proses pembentukan ide berasal dari penangkapan perasaan terhadap alam (sebagai objek) yang berinteraksi (mereaksi) dengan pertimbangan cita dan rasa seni seseorang. Hal ini, memunculkan ide seseorang untuk diekspresikan kedalam karya seni. b. Proses Ekspresi atau Proses Penuangan Ide Proses ekspresi atau proses penuangan ide ke dalam bentuk atau wujud karya seni adalah memuat tentang kreativitas masing-masing seniman atau pencipta seni (proses ekspresi atau proses perwujudan atau visualisasi). Oleh karena itu, konsep berkarya seni rupa sangat baku dan merupakan penentu terciptanya karya seni. Setiap

Seni Rupa : Keragaman gaya dan Aliran Seni Rupa

Gaya dalam seni rupa berhubungan erat dengan unsur kreativitas yang terdapat di setiap karya seni. Selain itu juga, bergantung pada pemilihan atau pengolahan bahan, bentuk, dan teknik berkarya. Pemilihan atau pengolahan bahan, bentuk dan teknik berkarya tersebut memunculkan aliran dalam seni rupa, antara lain : Gaya Primitif Seni rupa gaya primitif memiliki ciri-ciri, antara lain sebagai berikut : a. Seni rupa gaya primitif masa awal (masa prasejarah) tercipta bukan untuk keindahan, tetapi untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kepercayaan. b. Karya seni rupa ini digunakan dalam upacara ritual atau kepercayaan. c. Bentuk karya seni rupa gaya ini terkesan misteri (kerahasiaan), magic (hal gaib), dan makna lambang. Bentuk karya seni rupa gaya primitif kebanyakan bersifat a. tercipta dengan ekspresif (penuh emosional atau ungkapan perasaan) b. proporsi bentuk tidak sempurna atau tidak wajar, penuh distorsi (pengeliatan, penyangatan, dan pengurangan) atau dilebih-lebihkan. c. karya yang d

5 Kriteria KArya Seni Rupa Terapan Yang Baik

Berikut adalah kriteria karya seni rupa terapan yang baik yaitu: Ide Seseorang dalam menanggapi alam akan timbul kekaguman terhadap keindahannya sehingga muncul gagasan untuk menuangkan ke dalam karya seni rua. Suatu kondisi pribadi dan status seseorang karena pengalaman yang berbeda-beda menentukan persepsi baru. Setiap pribadi yang terbentuk dengan kukuh dan kuat dibina oleh unsur-unsur dari dalam (internal) dan unsur-unsur dari luar(ekesternal). Seorang seniman bermutu akan menghasilkan karya khas pribadi dengan simbol pribadinya. Dengan demikian simbol tersebut dapat ditangkap oleh orang di sekitarnua sehingga menjadi suatu karya seni yang berbobot dan komunikatif. Kreativitas Penciptaan karya seni dengan menwujudkan sesuatu yang belum pernah ada, mempunyai arti dan nilai baru disebut kreativitas. Daya kreasi yang kuat berarti kekuatan menciptakan hal-hal baru dalam karya seni rupa yang baik akan terkandung unsur kreativitas yang kuat. Komposisi Karya yang baik memili