Skip to main content

Renungan: Cinta yang Hilang

Cinta yang Hilang- cinta, kata ini sungguh istimewa. hanya dengan kata ini bunga pun ikut bermekaran menyebarkan semerbak harumnya. bunga yang mulanya hanya diam bercongkol di dahan, menjadi penglihatan banyak orang untuk memetiknya dengan harapan akan memiliki keharumannya berikut keindahannya.
cinta, menurut beberapa tokoh percintaan yang sukses merajut pernikahan menuju hidup bahagia, seperti tokoh dalam film KCB(Ketika Cinta Bertasbih). cinta yang berhubungan dengan laki-laki dan wanita,(Jodoh.red) tidak akan bisa dilepaskan dari kekuatan yang tak nampak yang mendorong cinta itu muncul keluar dari lorongnya yang gelap jauh di dasar jiwa.


cinta, itu digerakkan bukannya bergerak sendiri.


ketika cinta berhasrat ingin keluar dari tempatnya yang gelap, maka badan jasmani akan berkata jujur apa adanya. andaikata ketidakjujuran bercokol di sekeliling badan jasmani, maka badan jasmani telah teracuni bintik-bintik hitam yang menutupi cahaya cinta yang keluar dengan eloknya dari dasar jiwa. akibatnya, muncullah kehitaman di selubung badan jasmani.
cinta, yang seharusnya murni melangkahkannya tepat di rel yang tepat, yaitu rel menuju Sang Pemberi cinta, yang Maha Rahmat.
kehitaman itu menutupi kedua mata yang harusnya sehat. mata yang seharusnya menatap kehijauan alam, lengkung-lengkung rahasia ayat-ayat Al-qur'an, keelokan benih-benih surga di dunia dengan cara dan jalan yang terbaik sesuai dengan Rosulullah SAW ajarkan.
kehitaman mata menjalar, menerobos jalur kecil dengan cepat merasuk tajam ke bagian jantung, bergerak bersama detak jantung menggetarkan hasrat-hasrat gelap yang lambat laun akan menyesatkan membuat darah merah menjadi semakin hitam.
semoga Allah mengampuni dosa kita semua, kedua orang tua kita, segenap muslimin dan muslimat..........

Comments

Popular posts from this blog

Seni Rupa: Konsep Berkarya Seni

Konsep adalah gambaran awal tentang sesuatu atau disebut sebagai teori awal yang mendasari suatu kegiatan (aktivitas). Setiap orang memiliki konsep yang berbeda mengenai seni rupa. Terciptanya karya seni melalui beberapa tahap yang tidak dapat terpisahkan, yakni sebagai berikut : Lukisan Anak-anak, diambil dari Jusmani a. Konsep Seni yang Berada dalam Tahapan Aktivitas Jiwa Proses pembentukan ide berasal dari penangkapan perasaan terhadap alam (sebagai objek) yang berinteraksi (mereaksi) dengan pertimbangan cita dan rasa seni seseorang. Hal ini, memunculkan ide seseorang untuk diekspresikan kedalam karya seni. b. Proses Ekspresi atau Proses Penuangan Ide Proses ekspresi atau proses penuangan ide ke dalam bentuk atau wujud karya seni adalah memuat tentang kreativitas masing-masing seniman atau pencipta seni (proses ekspresi atau proses perwujudan atau visualisasi). Oleh karena itu, konsep berkarya seni rupa sangat baku dan merupakan penentu terciptanya karya seni. Setiap

Seni Rupa : Keragaman gaya dan Aliran Seni Rupa

Gaya dalam seni rupa berhubungan erat dengan unsur kreativitas yang terdapat di setiap karya seni. Selain itu juga, bergantung pada pemilihan atau pengolahan bahan, bentuk, dan teknik berkarya. Pemilihan atau pengolahan bahan, bentuk dan teknik berkarya tersebut memunculkan aliran dalam seni rupa, antara lain : Gaya Primitif Seni rupa gaya primitif memiliki ciri-ciri, antara lain sebagai berikut : a. Seni rupa gaya primitif masa awal (masa prasejarah) tercipta bukan untuk keindahan, tetapi untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kepercayaan. b. Karya seni rupa ini digunakan dalam upacara ritual atau kepercayaan. c. Bentuk karya seni rupa gaya ini terkesan misteri (kerahasiaan), magic (hal gaib), dan makna lambang. Bentuk karya seni rupa gaya primitif kebanyakan bersifat a. tercipta dengan ekspresif (penuh emosional atau ungkapan perasaan) b. proporsi bentuk tidak sempurna atau tidak wajar, penuh distorsi (pengeliatan, penyangatan, dan pengurangan) atau dilebih-lebihkan. c. karya yang d

5 Kriteria KArya Seni Rupa Terapan Yang Baik

Berikut adalah kriteria karya seni rupa terapan yang baik yaitu: Ide Seseorang dalam menanggapi alam akan timbul kekaguman terhadap keindahannya sehingga muncul gagasan untuk menuangkan ke dalam karya seni rua. Suatu kondisi pribadi dan status seseorang karena pengalaman yang berbeda-beda menentukan persepsi baru. Setiap pribadi yang terbentuk dengan kukuh dan kuat dibina oleh unsur-unsur dari dalam (internal) dan unsur-unsur dari luar(ekesternal). Seorang seniman bermutu akan menghasilkan karya khas pribadi dengan simbol pribadinya. Dengan demikian simbol tersebut dapat ditangkap oleh orang di sekitarnua sehingga menjadi suatu karya seni yang berbobot dan komunikatif. Kreativitas Penciptaan karya seni dengan menwujudkan sesuatu yang belum pernah ada, mempunyai arti dan nilai baru disebut kreativitas. Daya kreasi yang kuat berarti kekuatan menciptakan hal-hal baru dalam karya seni rupa yang baik akan terkandung unsur kreativitas yang kuat. Komposisi Karya yang baik memili