Skip to main content

Habib Syekh: tefsiran Padang Bulan-download


HAbib syekh Padang Bulan, sholawat yang sarat makna,,,,berikut satu sayair yang saya nuqil berbunyi,"
Padang bulan, padange koyo rino
Rembulane sing awe-awe
Ngelengake ojo turu sore
Kene tak critani, kanggo sebo mengko sore

nampaknya syair ini ringan tanpa benjolan tafsir yang dalam, eh,,,ternyata bila diresapi sedikit  akan memunculkan resapan yang lebih luas. langsung saja..."Padang bulan, padange koyo rino" bait pertama ini tidak ada hubungannya dengan waktu siang dan malam, apalagi membicarakan matahari dan rembulan, tetapi membicarakan hidup dan mati, Rino atau siang hari dinisbatkan sebagai kehidupan dunia, "padang bulan" adalah kehidupan setelah mati. kehidupan setelah mati itu sama seperti kehidupan dunia, sama dalam hal yang dilakukan, bila selama hidup taat taqwa maka akan berbuah serupa kala di alam rembulan(kematian), berlaku pula sebaliknya.

bait kedua, " Rembulan sing awe-awe". ini jelas bahasa majasi metafora, benda mati tapi dinyatakan hidup sebagaimana manusia. siapa yang di awe-awe????heee.....jawabannya siang dan segala isinya. semua yang mengalami siang pasti akan menjumpai malam, dalam makna denotasi siapa yang mengalami hidup akan bertemu mati, rembulan awe-awe merupakan sebuah himbauan untuk selalu ingat pada rembulan 'kematian", makanya syair lanjutannya " ngelengake ojo turu sore". tidur sore itu ibarat orang sudah tua malah lupa alias tidak sadar akan dirinya, terlalu terhanyut dalam kenikmatan mimpi dunia, padahal tak lama lagi akan berjumpa rembulan "mati".

'turu sore" tidaklah selalu bermakna tua, bahkan bisa bermakna lupa. kala pagi lupa malam bisa dikatakan turu sore, karena tidak semua yang hidup dipagi berjumpa sore, kalau malam mesti berjumpa tapi......gak boleh bingungg.......heee

:kene tak critani kanggo sebo mengko sore: sebuah tawaran dan ajakan untuk bekal bila telah mendekati rembulan"kematian".

singkat kata syair ini mengajak kita untuk mengurai kehidupan lebih baik, demi kebaikan rembulan"kematian) -alam sesudah kematian...bagi yang ingin sownload lagunya,,.,.,.silahkan,.,.,,KLIK (versi mP3)saja,.,.atau videonya,.,langsung cek saja di you tube,.,..,.,.

TAFSIRAN HABIB SYEKH DALAM tausiyahnya saat bersholawat di BATAM
syair ini yang buat para wali, bait yang lain adalah Habib Lufti Yahya, Padang Bulan itu adalah nama julukan bagi Kanjeng Nabi Muhammad SAW - بدر فى تمام - Kanjeng Nabi Muhammad itu "padange koyo rino" artinya "نور" cahaya bahkan disebutkan dalam maulid " نور فوق النور " artinya cahaya diatas cahaya. dimaknai bahwa tidak ada kegelapan apapun yang mampu menutupi Nabi Muhammad, Rosulullah adalah uswah hasanah, rosululah adalah sumber kebaikan di bumi ini.

"Rembulane Sing Awe-awe" artinya Nabi Muhammad selalu mengajak Kita, "ngilingake ojo turu sore" artinya jangan tidur sore karena orang yang tidur sore itu adalah orang yang males atau orang yang loyo dimaknai sebagai orang yang menggampangkan larangan-larangan Allah. "kene tak ceritani kanggo sebo mengko sore" artinya Nabi Muhammad SAW mengajak kepada semua manusia untuk kumpul bersama sunah waljamaah sebagai bekal untuk menghadapi kehidupan setelah kematian.

salah satu sangu sebo adalah "lamun wong tuwo kliru mimpin-e ngalamat bakal getun mburine" artinya banyak orang tua mulai kecewa dengan anak-anaknya yang sulit diajak kebaikan, hal ini karena anak-anak dipimpin dididik hal-hal umum dan modernitas lupa tidak dipimpin ilmu agamanya, akhlaknya. Kalau demikian maka bakal kecewa.


DOWNLOAD
padang Bulan mp3
Tafsir Padang Bulan oleh Habib Syekh-Batam Bersholawat -mp3

Comments

Popular posts from this blog

Seni Rupa: Konsep Berkarya Seni

Konsep adalah gambaran awal tentang sesuatu atau disebut sebagai teori awal yang mendasari suatu kegiatan (aktivitas). Setiap orang memiliki konsep yang berbeda mengenai seni rupa. Terciptanya karya seni melalui beberapa tahap yang tidak dapat terpisahkan, yakni sebagai berikut : Lukisan Anak-anak, diambil dari Jusmani a. Konsep Seni yang Berada dalam Tahapan Aktivitas Jiwa Proses pembentukan ide berasal dari penangkapan perasaan terhadap alam (sebagai objek) yang berinteraksi (mereaksi) dengan pertimbangan cita dan rasa seni seseorang. Hal ini, memunculkan ide seseorang untuk diekspresikan kedalam karya seni. b. Proses Ekspresi atau Proses Penuangan Ide Proses ekspresi atau proses penuangan ide ke dalam bentuk atau wujud karya seni adalah memuat tentang kreativitas masing-masing seniman atau pencipta seni (proses ekspresi atau proses perwujudan atau visualisasi). Oleh karena itu, konsep berkarya seni rupa sangat baku dan merupakan penentu terciptanya karya seni. Setiap

Seni Rupa : Keragaman gaya dan Aliran Seni Rupa

Gaya dalam seni rupa berhubungan erat dengan unsur kreativitas yang terdapat di setiap karya seni. Selain itu juga, bergantung pada pemilihan atau pengolahan bahan, bentuk, dan teknik berkarya. Pemilihan atau pengolahan bahan, bentuk dan teknik berkarya tersebut memunculkan aliran dalam seni rupa, antara lain : Gaya Primitif Seni rupa gaya primitif memiliki ciri-ciri, antara lain sebagai berikut : a. Seni rupa gaya primitif masa awal (masa prasejarah) tercipta bukan untuk keindahan, tetapi untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kepercayaan. b. Karya seni rupa ini digunakan dalam upacara ritual atau kepercayaan. c. Bentuk karya seni rupa gaya ini terkesan misteri (kerahasiaan), magic (hal gaib), dan makna lambang. Bentuk karya seni rupa gaya primitif kebanyakan bersifat a. tercipta dengan ekspresif (penuh emosional atau ungkapan perasaan) b. proporsi bentuk tidak sempurna atau tidak wajar, penuh distorsi (pengeliatan, penyangatan, dan pengurangan) atau dilebih-lebihkan. c. karya yang d

5 Kriteria KArya Seni Rupa Terapan Yang Baik

Berikut adalah kriteria karya seni rupa terapan yang baik yaitu: Ide Seseorang dalam menanggapi alam akan timbul kekaguman terhadap keindahannya sehingga muncul gagasan untuk menuangkan ke dalam karya seni rua. Suatu kondisi pribadi dan status seseorang karena pengalaman yang berbeda-beda menentukan persepsi baru. Setiap pribadi yang terbentuk dengan kukuh dan kuat dibina oleh unsur-unsur dari dalam (internal) dan unsur-unsur dari luar(ekesternal). Seorang seniman bermutu akan menghasilkan karya khas pribadi dengan simbol pribadinya. Dengan demikian simbol tersebut dapat ditangkap oleh orang di sekitarnua sehingga menjadi suatu karya seni yang berbobot dan komunikatif. Kreativitas Penciptaan karya seni dengan menwujudkan sesuatu yang belum pernah ada, mempunyai arti dan nilai baru disebut kreativitas. Daya kreasi yang kuat berarti kekuatan menciptakan hal-hal baru dalam karya seni rupa yang baik akan terkandung unsur kreativitas yang kuat. Komposisi Karya yang baik memili