Skip to main content

Posts

Showing posts from January, 2013

Seni Rupa Ragam Teknik Bekarya Seni 2D dan 3D

Karya seni rupa terapan merupakan karya yang mempunyai fungsi estetis dan praktis. Indonesia mempunyai keragaman dalam seni terapan. Menciptakan karya seni harus mempunyai meodal pengetahuan bahan dan teknik yang baik. Seorang seniman dalam menciptakan sebuah karya memiliki inspirasi yang beragam, seperti melihat obnjek yang menraik hati, melihat karya seniman lain, atau melihat bahan baku di sekitarnya. Untuk mengawali suatu gagasan dalam berkarya seni rupa perlu dibuat perencanaan yang diwujudkan dalam wujud sketsa. Proses pengungkapan suatu gagasan biasanya diwujudkan dalam bentuk gambar. Berikut ini adalah beberapa teknik yang digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa terapan/murni dua dimensi dan tiga dimensi. karya seni grafis cetak tinggi-tergolong seni murni dua dimensi 1. Keragaman teknik berkaya seni rupa dua dimensi Karya seni rupa yagn dikerjakan pada bidang datar dan meiliki ukuran panjang dan lebar disebut dengan karya seni rupa dua dimensi. Teknik poembu

MTsN Kunir Workshop IT 100% Laptopan

Hari ini(25 Januari 2013) MTsN Kunir menggelar workshop pengembangan media pembelajaran berbasis IT dalam rangka menyongsong Kurikulum 2013. Pemateri utama dari VEDC( vocational education development center). saya tidak akan membahas materi apa yang disampaikan, tapi sedikit mengulas wajah-wajah para peserta workshop yang rata-rata berusia 35 tahun. Untuk materinya- “ pembelajaran dengan aplikasi “Hot Potatoes”, aplikasi ini merupakan aplikasi pembelajaran interaktif yang bisa diintegrasikan dengan power point, web e- learning , atau pemanfaatan acces point. Adapun kondisi wajah-wajah peserta, mereka Nampak santai sambil memandangi dunia jauh ke dalam di laptopnya masing-masing. Variatif, ada yang buka facebook, buka cerita lucu, buka belajar.kemdiknas.go.id, dsb. Lah saya, ndak buka internet karena laptopnya pak Jahin yang saya pakai sedang eror driver wifinya. Layout tempat duduk workshop dibagi dua, bagian depan dikuasai oleh kaum hawa-ibu-ibu yang memiliki anak putra d

MTsN Kunir: Kontingen PORSENI Kaligrafi - memory

Terima kasih kepada timnas Porseni MTsN Kunir cabang Kaligrafi- Syaekhoni, TIWI, Dewi, dan Wiska. Setelah latihan cukup panjang yang ketat dengan konflik dan intrik, akhirnya kita memboyong 2 juara [ juara 1 Putri, dan Juara 2 Putra ]. Dalam setiap kompetisi adakalanya menang, adakalanya kalah, sekarang tinggal mengevaluasi diri untuk kemajuan yang lebih berarti di kesempatan mendatang. Kabar gembiranya Dewi akan melangkah ke babak selanjutnya yaitu Porseni Tingkat Provinsi yang akan digelar bulan Februari mendatang di Kediri. Doakan semoga kontingen MTsN Kunir yang dipercaya mewakili Kab. Blitar ke kancah Provinsi mendapatkan hasil yang terbaik. Berikut ada beberap jepretan ketika latihan,heee…. Dewi- foto nyuri TIWI- bergaya seriusss Syaekhoni- lebih suka moncot bila berkarya Seirus- target juara Karya Syaekhoni- perspective oriented

Akselerasi MTsN Kunir Berkarya Lukis Kaos

Kesempatan kali saya memosting hasil jepret amatiran terkait kegiatan pembelajaran di kelas Akselerasi MTsN Kunir pada maple Seni Budaya. Kegiatan yang dilakukan adalah praktek melukis di kaos dengan tinta tekstil yang dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2012.  karya Kholiq- agak abstrak cukup unik KLIK DI SINI UNTUK FOTO LAINNYA

MTsN Kunir Narsis Image Collection

inilah beberapa tampang narsis para pramuka MTsN Kunir,.heee,...,.,., klik untuk gambar preview... KLIK UNTUK MELIHAT GAMBAR LAINNYA

Seni Rupa Mancanegara Jerman-Topeng(mask)

Berikut ini adalah karya seni otentik dari pedesaan rakyat Jerman, yang biasanya digunakan dalam perayaan tradisional atau karnaval. Topeng Ini memiliki nilai seni yang tinggi, dilihat dari kekhasan gaya ukirannya yang terbaik di Eropa. . IDENTIFIKASI KARYA SENI RUPA TERAPAN TOPENG JERMAN Ukuran                 : 9 inch Bahan                   : Kayu Teknik                  : Pahat 1.        Kayu yang telah tua digergaji seukuran 9 inch lingkaran. 2.        Kayu dikeringkan dengan cara pengangin-anginan. 3.        Ketika getah kayu telah hilang kayu mulai proses pendesaian bentuk. 4.        Desain fix dilanjutkan dengan pencukilan bagian yang tidak penting bertahap hingga membentuk topeng yang diinginkan. 5.        Penghalusan tekstur topeng dengan teknik amplas atau gosok dengan kain kasar. 6.        Pewarnaan dengan cat minyak berbasis kayu, pada bagian-bagian. 7.        Finishing karya dengan pernis atau glasir agar Nampak mengkilat dan menjaga warna.

Opini Pacaran Memutuskan Nilai Kebaikan Pertemanan

dlu memng q prnh mmja drmu, ,,. ttpi skrg knp u mnghrpkan q, pdhal q dch mndptkan pnggnti dri u yang lbh baek drpd u, bhkn u prnah mnykti htinx ,, ,.skrg q jdi sring bertngkr dgnnx krna drimu,   q tak tw q hmpir ptus dgnnx krna drmu, cba jka u brda dposisi q, ,   skrg pkh u dch puas dgn pa yang u lkukn pda q???????? ,., jauhin q jgn dktin q, q dch pnx pnggnti u yg lbih baek, yang lbih mngrty q drpda dri u, skrg q dch pnx pcr yng mnrut q pling bergna dlm hdup q. inilah fenomena anak muda bahkan masih sangat muda. Kata-kata ini saya copy dari sini- https://www.facebook.com/eamamad?fref=ts perlu diapresiasi dengan bijaksana hal semacam ini. Bahasa yang digunakan sangat lugas jelas tertuju pada seseorang. Kejelasan ini tentunya bisa berakibat negative dan positive kecenderungannya 70 dan 30 persen, artinya rawan berdampak negative. Seseorang yang dituju dalam surat ONLINE tersebut bisa jadi tertekan batinnya, ingin meluap emosinya, merasa tidak ingin disalahkan dsb. S

Seni Grafis: Cetak Dalam introduction

Crown Point Press specializes in intaglio printing, which we use mainly for printing etchings. The unique beauty of this type of printing lies in its capacity to allow ink films of different thickness to be deposited on the paper at the same time. All other methods of printing deposit ink in uniform layers. A plate made for intaglio printing has grooves, or incisions, which can be of varying depths, and the printer fills these grooves with ink. He or she then wipes the plate surface clean, first with a cloth, then with the palm of the hand. Finally the printer covers the plate with a moist sheet of paper, and runs it through a press. The press forces the paper into all the depressions of the plate, and pulls the ink out to make the print. menoreh plat At Crown Point Press, artists work with printers to develop plates for original works of art printed in editions. We call these multiple originals. Though the prints in an edition all look the same, they are not copies of one another

Akselerasi : Nilai Mid Trisemester 5 Akselerasi Seni Budaya

Anak-anak kelas Akselerasi IX yang berbahagia dimanapun berada berkut adalah nilai Ulangan Mid Semester 5 Seni Budaya dengan sub materi Apresiasi Manca Negara dan Aliran-Aliran Seni Rupa Manca Negara. Setelah dikoreksi maka b eginilah hasilnya, 60% siswa   tidak tuntas  dengan  nilai di bawah KKM. Ini merupakan koreksi semua pihak bahwa segalanya perlu dibenahi dengan lebih bijak agar tercipta peningkatan yang signifikan pada kelas Akselerasi. sebuah PR yang cukup berat untuk mengangkat dan membentangkan iklim seni dalam dunia sains.

Seni Rupa: Jenis-Jenis Lukisan Dunia

Karya seni dapat tampil dalam berbagai wujud, bentuk, dan sifat. Seni rupa merupakan cabang seni yang bentuk perwujudannya sapat dilihat dan diraba(visual Art). Seni rupa merupakan ungkapan perasaan dan pengalaman artistic seniman, desainer, dan pengrajin yang dapat diwujudkan melalui berbagai media, bahan, teknik,bentuk, dan sifat sehingga dapat menghasilkan sebuah karya seni. Bentuk karya seni rupa terdiri atas bentuk 2 dimensi (dwimatra) dan tiga dimensi(trimatra). Bentuk dua dimensi memiliki ukuran panjang dan lebar atau hanya dapat dinikmati dari satu sudut pandang. Contoh seni rupa dua dimensi adalah lukisan, batik, dan ilustrasi. Adapun bentuk karya seni rupa tiga dimensi memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi sehingga dapat dilihat dari berbagai arah. Contoh karya 3 dimensi patung, wayang golek, diorama, arsitektur, meja dan kursi. Secara umum seni rupa terbagi menjadi dua cabang yaitu seni murni dan terapan. Contoh seni murni adalah lukisan dan patung. Lukisan raga

MTsN Kunir Dokumentasi Ekstra Pramuka 18 Januari 2013

kegiatan Pramuka bukanlah kegiatan yang Pramuak, selalu muak alias membosankan, berikut ada 73 foto dokumentasi kegiatan ekstrakurikuler Gerakan Pramuka di MTsN Kunir pada tanggal 18 Januari 2013 mulai pukul 13.30 s.d 15.30 diikuti oleh 397 peserta. dokumentasi ini diambil oleh Anggota Dewan Galang periode 2012/2013 diantaranya Afdol Victori, Nur Alifiyah,Yustika, Indriarti, dkk. kegiatan Pramuka itu ceria-senang-berpendidikan. untuk melihat kesemua foto dalam format Teater atau Preview tinggal double-klik foto yang paling atas dan selamat menikmati,bila digeser ke kanan ada blok transparan warna hitam, di close saja- itu hanya box share - jangan lupa komentar dan like -nya.... karena fotonya banyak untuk yang internetnya lambat, bersabar saja.... KLIK UNTUK MELIHAT GAMBAR LAINNYA

Fotografi Blue on Aqua Botol

Ada beberapa inspirasi abstrak dalam mengotak atik pandangan mata seirama dengan arah datangnya sinar. Berikut ada jepretan dari kamera pocket-resolusinya sengaja saya compress agar proses load pagenya agak ringan-

Briefing Kemah Pramuka MTsN Kunir

Untuk diketahui bersama, Gerakan Pramuka gugusdepan 1955-1956 akan melaksanakan kegiatan perkemahan penempuhan SKU dan SKK. Perkemahan ini akan dilaksanakan pada tanggal 6,7,8 Januari 2013. Bila tidak ada masalah, maka peserta akan berjumlah 397 yang terbagi secara normal dalam 40 regu, dengan rata-rata 9 anak dalam 1 regu. Demi suksesnya kegiatan ini berbagai upaya telah dilasanakan, diantaranya rapat koordinasi antar panitia, antar panitia dan peserta, panitia dengan pembina, pembina dengan sekolah. Persiapan juga sudah mulai digalakkan, diantaranya pembuatan ID Card peserta, Panitiam dan tamu, pembuatan denah perkemahan, pembentukan petugas upacara, persiapan teks upacara, dan persiapan menu konsumsi. Semua demi terciptanya pengalaman yang hebat kepada peserta, bahwa perkemahan itu menantang dan mengarah pada kebaikan. Ini ada sedikit dokumentasi kegiatan briefing peserta yang saya lakukan sendiri didampingi oleh panitia, seharusnya panitia yang memberikan briefing, tapi mungk

Seni: Kemelut Batasan Desain dan Seni

Dalam dunia desain graphic hingga sampai sekarang saya belum pernah menemukan aktivitas yang disebut dengan apresiasi ilmiah desain graphic(baca-desain dengan aplikasi komputer). Lain halnya dengan seni rupa murni termasuk di dalamnya seni lukis, seni grafis(cetak), seni patung, seni keramik, yang kesemuanya dapat dikaji secara ilmiah melalui pendekatan formalistik, hingga kritik. Hasil kajian ilmiah ini bahkan dapat diakui sebagai skripsi pada jenjang S1 dan tesis pada jenjang S2. desain Sebenarnya dulu saya sempat melihat skripsi ilmiah tentang desain graphic, namun ketika dipahami lebih jauh tetap tidak sama ilmiahnya dengan seni murni. Letak perbedaannya pada: Seni murni dapat diapresiasi ilmiah mulai dari proses hingga produk akhirnya secara utuh, desain graphic hanya dapat diapresiasi bagian prosesnya adapun hasilnya sulit diapresiasi karena proses pembuatannya yang tidak langsung luwes bersentuhan dengan tangan. Karya seni murni merupakan kualitas langsung dan murni

MTsN Kunir: Perkemahan Penempuhan SKU Ramu,Rakit, dan SKK

3 hari dua malam, 6,7,8 Januari 2013 Gerakan Pramuka MTsN Kunir menghelat kegiatan perkemahan penempuhan SKu Ramu dan Rakit serta Pengujian 8 SKK(Syarat Kecakapan Khusus). Perkemahan ini diikuti oleh semua siswa kelas VII putra dan putri. Bertugas sebagai panitia adalah Adik-adik dari kelas VIII selaku pemangku stuktural Dewan Penggalang Gerakan Pramuka gudep 1955-1956 periode 2012/2013. selam 3 hari tersebut kegiatan diramu dengan konsep pengujian dan perlombaan(kompetisi). Pengujian dimaksud dengan malakukan test secara langsung dan tidak langsung sesuai dengan petunjuk penyelenggaraan yang dikleuarkan Kwarnas. Beberapa kegiatan dalam perkemahan yaitu sholat 5 waktu berjamaah. Selama perkemahan semua peserta dan panitia digerakkan untuk mengikuti sholat berjamaah. Hal ini merupakan pembelajaran sholat berjamaah 5 waktu bagi semua komponen perkemahan. Adapun bertindak sebagai muadzin, dan imam secara bergiliran adalah peserta, panitia dan Pembina. Melalui sholat berjamaah 5 wak